PENGABDIAN KAMI UNTUK KONSERVASI

Perlindungan hutan merupakan salah satu fungsi yang diemban oleh Balai Taman Nasional Baluran. Oleh karena itu SPTN Wilayah II Karang Tekok, Balai Taman Nasional Baluran secara rutin melaksanakan kegiatan Patroli Pengamanan hutan di beberapa lokasi/blok yang masih terjadi aksi illegal loging. Sebelum pelaksanaan Patroli, seluruh personil diberikan arahan oleh Kepala SPTN wilayah II yang sekaligus sebagai ketua tim patroli. Kegiatan patroli dilakukan dengan kendaraan sepeda motor dan jalan kaki menyusuri hutan, mengingat medan yang sulit dilalui kendaraan roda 4.

Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya aksi illegal loging, meskipun intensitas illegal loging dinilai menurun beberapa bulan terakhir, pasca dilakukannya operasi gabungan dengan Balai Gakkum Jabalnusra, POMAL, dan Brimob Polda Jatim.

Semoga hutan Taman Nasional Baluran tetap terjaga kelestariannya dari aksi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan semoga keberadaan hutan TN Baluran bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat sekitar Kawasan.

"Salam Konservasi, Salam Lestari"