Kandang Komunal Menekan Aktivitas Penggembalaan Liar di TN Baluran

Balai Taman Nasional Baluran bersama-sama Koperasi Wana Baluran Merak Jaya melakukan program pengembangan penggemukan ternak Sapi kandang komunal di Kampung Merak yang berada di Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Labuhan Merak Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Karangtekok.
Kandang koloni (komunal) atau kandang kelompok merupakan model kandang dalam suatu ruangan kandang digunakan sebagai kandang pembesaran maupun penggemukan. Perkandangan model kelompok atau koloni ini diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan reproduksi pemberian pakan secara optimal untuk menambah nilai jual ternak masyarakat.
Koperasi Wana Baluran Merak Jaya yang beranggotakan masyarakat Kampung Merak berharap agar program ini dapat berjalan dengan baik dan sukses sehingga tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat bisa terwujud. Selain itu, dengan adanya kandang komunal ini juga mendukung program konservasi Taman Nasional Baluran dalam menekan aktivitas penggembalaan liar di dalam kawasan, karena setiap harinya tidak kurang 1000 ekor ternak masyarakat hingga saat ini pola penggembalaan yang dilakukan masih dengan melepaskan ternak ke dalam hutan untuk mencari pakan
.