Pembentukan Kelompok dan Pelatihan Pemandu Wisata Balai TN Baluran

Situbondo, 21 November 2017. Ekowisata menjadi salah satu tren yang berkembang pada saat ini. Selain itu ekowisata juga menjadi sumber pendapatan masyarakat disekitar dan merupakan sumber PNBP bagi negara yang terbilang cukup besar setiap tahunnya. Oleh karena itu perlu dipastikan bahwa pengunjung melakukan perjalanan yang bertanggung jawab, membantu melindungi satwa liar yang mereka kunjungi dan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat lokal. Konsep ekowisata tidak hanya menghasilkan manfaat ekonomi kepada masyarakat lokal saja, namun mendukung konservasi dan mengurangi dampak dari aktivitas wisata.

Menjawab perkembangan trend tersebut, Balai Taman Nasional Baluran pada tanggal 21-22 November 2017 menyenggarakan kegiatan Pembentukan Kelompok dan Pelatihan Pemandu Wisata yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pramuwisata bagaimana melakukan memandu dan mendampingi tamu dengan konsep-konsep berbasis lingkungan.

Dalam kegiatan ini diisi oleh Narasumber-Narasumber yang sangat berpengalaman di Dunia Pariwisata seperti, Agus Wiyono, Spd yang merupakan Ketua Forum Ekowisata Jawa Timur, Dra. Yoni Astuti dari Himpunan Pramuwisata Indonesia dan Dikarjanto Pemandu Wisata Senior di Taman Nasional Baluran. Adapun peserta acara dalam pelatihan ini diikuti oleh 30 calon pemandu wisata taman nasional baluran yang terdiri dari berbagai elemen seperti masyarakat desa penyangga, Karang Taruna Gema Wonorejo, Pegawai tidak tetap Taman Nasional Baluran dan Tour Guide Club Situbondo.

Sumber : Balai TN Baluran